Screening Dilakukan Hingga Ditingkat Sekolah, Pemkot Blitar Berupaya Pertahankan Status Nol Kasus Kusta

Administrator 03 Feb 2022 99x Share
img-berita

Blitar Kota - Senin, (31/01/2022) Peringatan Hari Kusta se-Dunia, 30 Januari 2022, membuat Kota Blitar semakin berkomitmen ddalam mencegah kasus kusta. Apalagi selama 3 tahun terakhir, Kota Blitar berhasil mempertahankan nol kasus penyakit kusta.

Trianang Prastyawan, Kepala Seksi Pencegahan Pengendalian Penyakit Menular (P3M), Dinas Kesehatan Kota Blitar ditemua di ruang kerjanya, 31 Januari 2022 menjelaskan meskipun saat ini tidak ada kasus kusta di Kota Blitar, namun pihaknya tetap malakukan tindakan antisipasi secara aktif dan pasif. Untuk program pasif, Dinas Kesehatan melalui fasilitas kesehatan, Puskesmas dan Rumah Sakit terus melakukan pendataan masyarakat yang memiliki gejala bercak tidak gatal dan mati rasa. Jika ada temuan semacam itu, maka diperlukan pemeriksaan fisik dan lab secara gratis.

Sedangkan untuk program aktif, Trianang menyebut dinas setempat secara rutin melakukan screening di tingkat sekolah untu memantau kesehatan kulit pelajar SD-SMA. Agenda ini biasanya rutin dilaksanakan setiap akhir tahun.

Selain itu, Dinas Kesehatan juga terus melakukan up dating atau pelatihan terkait penyakit kusta kepada tenaga kesehatan, sebagai bentuk kewaspadaan jika ada temuan di Kota Blitar.

“Ada 2 langkah , yaitu yang pertama secara Pasif dan Aktif, kalau Aktif ini kita lakukan screening ke sekolah sekolah,” kata Trianang.

Tahun lalu, Kota Blitar menerima penghargaan Eradikasi Frambusia dari Kementrian Kesehatan RI, karena berhasil mempertahankan zero kasus kusta selama tiga tahun berturut-turut. Surya Mhd

Sumber : blitarkota.go.id

Berita Populer

Dua Pendonor Darah Kota Blitar Terima Pen..

by Administrator | 23 Feb 2021

Calon Jamaah Haji Dipastikan Mendapat Vak..

by Administrator | 23 Feb 2021

Penderita AIDS Meninggal Dunia Dipastikan..

by Administrator | 23 Feb 2021

Stock Vaksin Melimpah, Layanan Vaksinasi ..

by Administrator | 04 Jul 2023

Pengangkatan Belasan PTT Pegawai Puskesma..

by Administrator | 23 Feb 2021

Camat Sananwetan Terus Ingatkan Warganya ..

by Administrator | 18 Feb 2021