Pemkot Blitar Terima Penghargaan Open Defecation Free dari Gubernur Jawa Timur

Administrator 16 Apr 2021 44x Share
img-berita

Blitar Kota - Salah satu keberhasilan Pemerintah Kota Blitar dalam menjaga kebersihan lingkungan, diantaranya dengan menghilangkan kebiasaan masyarakat Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Hal ini dibuktikan dengan diterimanya Piagam PenghargaanOpen Defecation Free (ODF) dari Gubernur Jawa Timur, yang diterima Wali Kota Blitar di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa Malam, 6 April 2021.

Wali Kota Blitar, Drs. H. Santoso, M.Pd mengatakan, keberhasilan ini merupakan capaian yang membanggakan bagi Pemerintah Kota Blitar sekaligus hadiah diulang tahun Kota Blitar ke- 115. Santoso juga menjelaskan, untuk menciptakan masyarakat yang sehat salah satunya dengan ODF. Sedangkan untuk mencapai ODF tersebut, Pemerintah Kota Blitar melakukan beberapa program yang dijalankan oleh Dinas Kesehatan dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Blitar, diantaranya edukasi pentingnya jamban sehat melalui kader motivator, membangunan sanitasi masyarakat (Sanimas) dan membangun IPAL Komunal di pemukiman padat penduduk.

“Keberhasilan ini merupakan capaian yang membanggakan bagi Pemerintah Kota Blitar sekaligus hadiah diulang tahun Kota Blitar ke- 115,” jelas Santoso, dikonfirmasi Rabu, (07/04/2021)

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dharma Setiawan menambahkan, indikator penilaian ODF diantaranya pembangunan Mandi Cuci Kakus (MCK) yang sehat dan perilaku masyarakat yang semula BAB di sungai kini beralih ke MCK berbasis rumah tangga. Selain itu, kinerja Wali Kota dalam menjalankan program-program kesehatan lingkungan, juga menjadi bagian utama penghargaan ini tercapai.

“Indikator penilaian ODF diantaranya pembangunan Mandi Cuci Kakus (MCK) yang sehat dan perilaku masyarakat yang semula BAB di sungai kini beralih ke MCK berbasis rumah tangga,” jelas Dharma.

Dharma berharap, penghargaan dari Gubernur Jawa Timur ini bisa membuat masyarakat semakin sadar pentingnya menjaga kesehatan lingkungan, diantaranya dengan tidak membuang air besar sembarangan. (Fan)

Berita Populer

Dua Pendonor Darah Kota Blitar Terima Pen..

by Administrator | 23 Feb 2021

Calon Jamaah Haji Dipastikan Mendapat Vak..

by Administrator | 23 Feb 2021

Stock Vaksin Melimpah, Layanan Vaksinasi ..

by Administrator | 04 Jul 2023

Penderita AIDS Meninggal Dunia Dipastikan..

by Administrator | 23 Feb 2021

Pengangkatan Belasan PTT Pegawai Puskesma..

by Administrator | 23 Feb 2021

Camat Sananwetan Terus Ingatkan Warganya ..

by Administrator | 18 Feb 2021