Pemkot Blitar Hadirkan Program Deteksi Dini Kanker Serviks Gratis

Administrator 17 Jul 2024 58x Share
img-berita

Kota Blitar - Sebagai implementasi Standar Pelayanan Minimal (SPM), Puskesmas Sukorejo melaksanakan program deteksi dini terhadap kanker serviks lewat metode pap smear dan IVA test. Layanan ini dapat diakses masyarakat pemegang KIS BPJS atau non BPJS Kesehatan secara gratis satu tahun sekali. 

Kepala Puskesmas Sukorejo, Wisma Yuniar mengatakan program deteksi dini kanker serviks ini merupakan implementasi SPM penyakit tidak menular di Puskesmas Sukorejo. Sasarannya adalah penduduk perempuan usia 21 - 65 tahun, yang dianjurkan melakukan pemeriksaan setiap 3 tahun sekali. Tujuannya untuk mendeteksi resiko khusus sel kanker, infeksi HIV dan paparan penyakit lainya.

"Bagian kesehatan baik ibu-ibu termasuk saya sebagai bidan dan perawat ini sifatnya menyeluruh jadi bisa untuk wanita mau periksa," kata Wisma.

Sementara itu, Wakil Ketua Dharma Wanita, Dinas Kesehatan Kota Blitar, Minasari Ikhwan mengapresiasi adanya program deteksi kanker serviks di Puskesmas Sukorejo. Sebab, layanan ini dapat membantu wanita usia subur dalam mencegah penyebaran kanker sejak dini. Terlebih, masih banyak masyarakat yang ketakutan akan biaya mahal dalam pap smear dan IVA test. 

"Dharma wanita ini secara gratis untuk BPJS dan Non BPJS bagi wanita yang masih subur guna mencegah penyebaran kanker sejak dini," tambah Minasari.

Minasari berharap program deteksi dini kanker serviks di Puskesmas Sukorejo dapat membantu masyarakat dalam menjaga kesehatan. Terutama mereka yang berasal dari perekonomian menengah ke bawah. (Att)

Sumber : blitarkota.go.id

Berita Populer

Dua Pendonor Darah Kota Blitar Terima Pen..

by Administrator | 23 Feb 2021

Calon Jamaah Haji Dipastikan Mendapat Vak..

by Administrator | 23 Feb 2021

Stock Vaksin Melimpah, Layanan Vaksinasi ..

by Administrator | 04 Jul 2023

Penderita AIDS Meninggal Dunia Dipastikan..

by Administrator | 23 Feb 2021

Pengangkatan Belasan PTT Pegawai Puskesma..

by Administrator | 23 Feb 2021

Camat Sananwetan Terus Ingatkan Warganya ..

by Administrator | 18 Feb 2021