Pastikan Produk Mamin dan Parsel Lebaran Aman, TKP2MO Kota Blitar Gelar Sidak di Pasar Modern

Administrator 17 Jul 2024 51x Share
img-berita

Kota Blitar - Tim Koordinasi Pengawasan Pembinaan Makanan dan Obat (TKP2MO) Kota Blitar kembali melakukan sidak di pasar modern pada hari Kamis (21/03/2024). Dalam agenda itu, petugas memeriksa kualitas produk makanan dan minuman (Mamin) hingga parsel Lebaran 1445 H.

Anggota TKP2MO sekaligus menjabat sebagai Ketua YKLI Kota Blitar, Dadik Setyo Pambudi menjelaskan sidak ini dilakukan untuk memastikan produk Mamin yang dijual di pasar modern aman dan layak konsumsi. Termasuk produk Lebaran seperti parcel, hampers dan lainnya. 

"Di Momen Ramadan dan Lebaran, kebutuhan masyarakat untuk berbelanja meningkat. Makanya kita kunjungi untuk memastikan produk yang dijual aman," kata Dadik.

Dadik mengaku dirinya bersama TKP2MO mengunjungi empat toko modern di Kota Blitar, seperti di Jl. Mahakam, Jl. Mawar, Jl. Semeru dan Jl. A. Yani. Petugas kemudian memeriksa kemasan produk, masa kadaluarsa hingga perizinannya. 

Menurut Dedi ada beberapa produk makanan yang ditemukan rusak kemasannya, kadaluarsa hingga belum mengantongi izin P-IRT dari Dinas Kesehatan. Petugas pun memberikan edukasi dan surat peringatan pada pengelola toko, agar higienitas dan kualitas produk lebih diperhatikan.

"Ada beberapa yang kita temukan rusak kemasannya, seperti penyok yang membentuk siku itu kan harusnya sudah ditarik, nggak boleh dijual," tandas Dadik.

Selain menyasar pasar modern, TKP2MO Kota Blitar juga memeriksa produk Mamin yang dijual di pasar tradisional. Tepatnya di Pasar Templek dan Pasar PON. (Kir)

Berita Populer

Dua Pendonor Darah Kota Blitar Terima Pen..

by Administrator | 23 Feb 2021

Calon Jamaah Haji Dipastikan Mendapat Vak..

by Administrator | 23 Feb 2021

Stock Vaksin Melimpah, Layanan Vaksinasi ..

by Administrator | 04 Jul 2023

Penderita AIDS Meninggal Dunia Dipastikan..

by Administrator | 23 Feb 2021

Pengangkatan Belasan PTT Pegawai Puskesma..

by Administrator | 23 Feb 2021

Camat Sananwetan Terus Ingatkan Warganya ..

by Administrator | 18 Feb 2021