Dinkes Terus Waspadai 2 Penyakit Mematikan Penyebab Gizi Buruk

Administrator 23 Feb 2021 78x Share
img-berita
BLITAR - Dalam rangka mendeteksi serta meminimalisir bayi lahir yang membawa penyakit mematikan sejak lahir, Dinas Kesehatan Kota Blitar lakukan koordinasi maupun langkah-langkah untuk mewaspadai hal itu muncul kembali.
Suprayogi Kepala Bidang Peningkatan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Blitar pada Senin (09/05), mengatakan bahwa dari kasus yang masuk ke Dinkes melaui puskesmas dan rumah sakit, saat ini masih banyak ditemukan balita Kota Blitar yang sejak lahir mengidap bronchitis akibat gaya hidup di keluarganya yang tidak sehat, seperti sering bermain di lantai yang lembab. Selain itu juga ditemukan balita yang menderita penyakit jantung sejak lahir yang diakibatkan karena penyakit turunan. Menurut Suprayogi, saat ini pihaknya masih bisa mentoleransi kejadian di lapangan seperti itu yang masih belum menembus 10 kasus, meski setiap tahun kasus seperti ini selalu ada namun jumlahnya juga cenderung fluktuatif. Hal ini juga bisa disebabkan karena banyak ibu hamil yang tidak punya waktu untuk memeriksakan kandungannya. Dirinya mengaku, pihaknya terus berkoordinasi dengan seluruh puskesmas serta kelurahan se Kota Blitar untuk pemeriksaan dini kepada ibui-ibu hamil dalam rangka mendeteksi bayi lahir dengan penyakit bawaan.
Suprayogi menambahkan, selain penyakit bronchitis dan jantung, berat badan lahir yang sangat rendah maupun faktor kemiskinan menjadi penyebab utama kekurangan gizi pada balita di Kota Blitar.(sar)

Berita Populer

Dua Pendonor Darah Kota Blitar Terima Pen..

by Administrator | 23 Feb 2021

Calon Jamaah Haji Dipastikan Mendapat Vak..

by Administrator | 23 Feb 2021

Pengangkatan Belasan PTT Pegawai Puskesma..

by Administrator | 23 Feb 2021

Penderita AIDS Meninggal Dunia Dipastikan..

by Administrator | 23 Feb 2021

Stock Vaksin Melimpah, Layanan Vaksinasi ..

by Administrator | 04 Jul 2023

Apotek Wajib Memiliki Apoteker Sebagai Pe..

by Administrator | 23 Feb 2021