Dinkes Kota Blitar Optimalkan Pemberian Vaksin Dan Secreening Antisipasi Penyakit Difteri

Administrator 23 Feb 2021 72x Share
img-berita
BLITAR - Setelah dapat dipastikan negatif dari penyebaran virus difteri, Dinas Kesehatan Daerah Kota Blitar tetap mengoptimalkan pemberian vaksin dan secreening untuk mengantisipasi munculnya penyakit difteri hingga pada akhir tahun 2015 ini, meskipun  kasus penyakit difteri di Kota Blitar saat ini bisa dikatakan nihil. 
Kepala Seksi Pencegahan Pengamatan dan Pemberantasan Penyakit Bidang P2PL Dinas Kesehatan Kota Blitar Dissie L. Arlini pada Jumat (18/12), mengatakan bahwa difteri merupakan sejenis infeksi pada saluran pernapasan yang disebabkan oleh bakteri dan dapat berujung pada kematian apabila tidak segera diberi pengobatan secara tepat. Oleh karenanya Pemerintah Kota Blitar melalui Dinas Kesehatan tetap optimalkan langkah antisipasi wabah difteri melaui vaksin serta screening. Tindakan ini sekaligus untuk menjadikan Kota Blitar benar-benar bebas dari endemi difteri. Memang sebelumnya dilaporkan terdapat 2 pasien tersangka difteri, tetapi setelah dilakukan uji laboratorium hasilnya negatif. Sehingga hingga di penghujung tahun ini  Kota Blitar bisa dikatakan aman dari penyakit difteri. Meskipun di rumah sakit maupun Puskesmas di Kota Blitar beberapa kali menangani pasien penderita difteri yang berasal dari luar wilayah Kota Blitar.
Dissi menambahkan, dengan melakukan upaya pencegahan  wabah penyakit difteri dapat ditanggulangi serta jumlah angka penderita penyakit ini juga akan mengalami penurunan. Untuk itu, kesadaran masyarakat mengenai pentingnya pemberian vaksin sangat diharapkan sebagai wujud kontribusi dalam memberantas penyakit difteri.(sar)

Berita Populer

Dua Pendonor Darah Kota Blitar Terima Pen..

by Administrator | 23 Feb 2021

Calon Jamaah Haji Dipastikan Mendapat Vak..

by Administrator | 23 Feb 2021

Stock Vaksin Melimpah, Layanan Vaksinasi ..

by Administrator | 04 Jul 2023

Penderita AIDS Meninggal Dunia Dipastikan..

by Administrator | 23 Feb 2021

Pengangkatan Belasan PTT Pegawai Puskesma..

by Administrator | 23 Feb 2021

Camat Sananwetan Terus Ingatkan Warganya ..

by Administrator | 18 Feb 2021