Dinkes Kota Blitar Gencarkan Vaksinasi Ibu Hamil

Administrator 25 Aug 2021 43x Share
img-berita

Blitar Kota - Pemerintah Kota Blitar kini menggencarkan upaya percepatan vaksinasi Covid-19. Termasuk vaksinasi untuk ibu hamil (bumil), sebab cakupannya hingga kini masih minim. Demikian disampaikan Didik Djumianto, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kota Blitar Sabtu, (21/08/2021).

Didik menjelaskan, setiap fasilitas kesehatan di Kota Blitar melayani vaksinasi untuk bumil. Pelaksanaannya sama dengan masyarakat umum. Namun, jenis vaksin yang diberikan kepada bumil yakni, sinovac, moderna dan sinopharm. Sementara untuk vaksin astrazeneca tidak diperkenankan untuk ibu hamil. Menurut Didik, sejauh ini vaksinasi bumil yang telah berjalan di Kelurahan Bendo, Kecamatan Kepanjenkidul.

Minimnya capaian vaksinasi bumil juga disebabkan banyaknya bumil yang enggan dan takut divakksin karena sedang mengandung. Oleh karena itu, Didik akan melakukan edukasi dan sosialisasi. Saat disinggung berapa total jumlah bumil yang sudah tervaksin, Didik belum bisa memastikan. Karena pihaknya belum menerima data pasti terkait jumlah bumil yang menjadi target sasaran vaksinasi Covid-19.

“Vaksin Ibu Hamil masih berlanjut ya, kita juga gencarkan. Untuk datanya kita belum tau pasti. Tapi sampai sekarang masih berjalan juga sesuai jadwal dan stok vaksinnya,” kata Didik

Didik menambahkan hingga saat ini Dinkes Kota Blitar terus berkoordinasi dengan Dinkes Provinsi Jatim terkait ketersediaan vaksin sinovac bagi ibu hamil. Sehingga, percepatan vaksinasi ibu hamil berjalan optimal. (fik).

Sumber : blitarkota.go.id

Berita Populer

Dua Pendonor Darah Kota Blitar Terima Pen..

by Administrator | 23 Feb 2021

Calon Jamaah Haji Dipastikan Mendapat Vak..

by Administrator | 23 Feb 2021

Penderita AIDS Meninggal Dunia Dipastikan..

by Administrator | 23 Feb 2021

Stock Vaksin Melimpah, Layanan Vaksinasi ..

by Administrator | 04 Jul 2023

Pengangkatan Belasan PTT Pegawai Puskesma..

by Administrator | 23 Feb 2021

Camat Sananwetan Terus Ingatkan Warganya ..

by Administrator | 18 Feb 2021