Dinas Kesehatan Kota Blitar Pastikan 174 CJH Sehat, Seluruhnya Telah Menerima Vaksinasi Covid-19 dan Meningitis

Administrator 17 Jul 2024 68x Share
img-berita

Kota Blitar - Dinas Kesehatan Kota Blitar ikut memonitor kondisi kesehatan Calon Jamaah Haji (CJH) yang akan berangkat ke Tanah Suci akhir Mei nanti. Berdasarkan hasil screening, seluruh jamaah dalam kondisi sehat meski sebagian memiliki keluhan Penyakit Tidak Menular (PTM).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Blitar, Dharma Setiawan menjelaskan dari 174 CJH yang akan berangkat haji, 70% diantaranya memiliki faktor resiko karena keluhan PTM seperti kencing manis, hipertensi, kolesterol dan asam urat. Namun, pihaknya bersama Puskesmas di masing-masing kecamatan telah melakukan antisipasi dengan pemeriksaan kesehatan secara berkala.

"Dari satu tahun sebelum keberangkatan itu kita sudah lakukan screening kesehatan di puskesmas masing - masing wilayah. Sehingga kesehatan para jamaah pisa kita persiapkan sejak jauh - jauh hari," jelas Dharma.

Hasilnya seluruh CJH dipastikan dalam kondisi sehat dan direkomendasikan berangkat ke Tanah Suci. Sebanyak 174 CJH juga telah mendapat vaksinasi Covid-19 dan meningitis, sebagaimana diatur Pemerintah Arab Saudi. Namun demikian, Dharma tetap menghimbau agar CJH memperhatikan kebutuhan obatnya sehingga bisa menjalani ibadah haji dengan lancar dan khusyuk.

"Petugas di Puskesmas sudah menginventarisir kebutuhan obat yang harus dibawa jamaah ke Tanah Suci, harapannya rangkaian ibadah haji jamaah bisa dijalani dengan lancar," terang Dharma.

Diberitakan sebelumnya, CJH Kota Blitar akan dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci tanggal 24 Mei nanti. Kota Blitar akan bergabung dalam Kloter 55 Surabaya bersama Kab. Situbondo dan Sidoarjo. (Kir)

Sumber : blitarkota.go.id

Berita Populer

Dua Pendonor Darah Kota Blitar Terima Pen..

by Administrator | 23 Feb 2021

Calon Jamaah Haji Dipastikan Mendapat Vak..

by Administrator | 23 Feb 2021

Stock Vaksin Melimpah, Layanan Vaksinasi ..

by Administrator | 04 Jul 2023

Penderita AIDS Meninggal Dunia Dipastikan..

by Administrator | 23 Feb 2021

Pengangkatan Belasan PTT Pegawai Puskesma..

by Administrator | 23 Feb 2021

Camat Sananwetan Terus Ingatkan Warganya ..

by Administrator | 18 Feb 2021