Dinas Kesehatan Kota Blitar Lakukan Kunjungan IRTP Untuk Survey Kelayakan Produk

Administrator 08 Feb 2022 55x Share
img-berita

Blitar Kota - Dinas Kesehatan Kota Blitar melalui tim Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) melakukan monitoring dan evaluasi ke beberapa rumah produk usaha Kota Blitar, Kamis, (3/2/2022). Kunjungan ini untuk mensurvey sekaligus menilai usaha rumahan sudah layak untuk memperoleh ijin edar atau tidak.

Sub Koordinator Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga, Dinas Kesehatan Kota Blitar Kiki Ismaya menjelaskan, ada tiga lokasi yang dikunjungi diantaranya produk olahan stik tahu Kelurahan Bendogerit, repacking Ser Mier Kelurahan Plosokerep, dan Koyah Kacang Ijo Kelurahan Sukorejo. Menurut Kiki ada beberapa catatan yang perlu dipenuhi tiga IRTP ini untuk memperoleh ijin edar. Diantaranya harus memiliki buku produksi serta melengkapi APD memasak mulai dari celemek, sarung tangan, dan masker. Sedangkan untuk uji lab produk hanya akan dilakukan pada produk yang mengandung komposisi resiko tinggi (berbahaya).

Menurut Kiki, ketiga produk ini mengandung resiko rendah sehingga belum dilakukan uji lab. Pihaknya akan memantau dan melakukan monev ulang beberapa waktu kedepan sebelum rekomendasi ijin edar diberikan.

“Pengawasan untuk makanan diambil sample nya. Dari sample tersebut yang diambil hanya yang beresiko, yang ada bahan berbahayanya. Kalau yang tidak beresiko/resiko rendah kita tidak akan ambil. Sementara ketiga produk ini mengandung resiko rendah sehingga belum dilakukan uji lab. Kemudian nanti akan ada pantauan dan melakukan monev ulang beberapa waktu kedepan sebelum rekomendasi ijin edar diberikan.” ujar Kiki.

Kiki menegaskan untuk memperoleh ijin edar produk yang diterbitkan DPMPTSP Kota Blitar, pemilik usaha wajib melalui tahapan survey untuk mendapat rekomendasi dari Dinas Kesehatan Kota Blitar terlebih dahulu. (fik)

Sumber : blitarkota.go.id

Berita Populer

Dua Pendonor Darah Kota Blitar Terima Pen..

by Administrator | 23 Feb 2021

Calon Jamaah Haji Dipastikan Mendapat Vak..

by Administrator | 23 Feb 2021

Penderita AIDS Meninggal Dunia Dipastikan..

by Administrator | 23 Feb 2021

Stock Vaksin Melimpah, Layanan Vaksinasi ..

by Administrator | 04 Jul 2023

Pengangkatan Belasan PTT Pegawai Puskesma..

by Administrator | 23 Feb 2021

Camat Sananwetan Terus Ingatkan Warganya ..

by Administrator | 18 Feb 2021