Cegah Penularan Infeksi, Dinkes Ikutsertakan Tenaga Kesehatan Puskesmas Ikut Pelatihan PPI Dasar

Administrator 23 Feb 2021 55x Share
img-berita
BLITAR - Bertempat di prodi kesehatan jalan Dr. Sutomo Kota Blitar, Dinas Kesehatan menggelar pelatihan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) Dasar selama empat hari dimulai Selasa (24/05). Masing-masing UPTD Puskesmas se Kota Blitar mengirimkan lima peserta, terdiri dari dokter, perawat, bidan dan tenaga lain yang terlibat langsung dalam pelayanan kesehatan di Puskesmas. Hadir sebagai narasumber tim dari RS Siloam Surabaya.
Sunarko, S.Sos Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Blitar pada Selasa (24/05), dikonfirmasi seusai membuka pelatihan mengaku bahwa sengaja menyelenggarakan pelatihan, sebagai upaya untuk mencegah penyebaran penyakit akibat infeksi dari pasien tertentu ke pasien yang lain atau bahkan menular ke petugas kesehatan. Kondisi yang ada, jumlah pasien lebih banyak daripada petugas yang menangani. Jika petugas bersangkutan ceroboh dalam penggunaan alat atau tidak menjaga kebersihan tangan, bisa berpotensi menularkan infeksi penyakit dari pasien yang satu ke pasien yang lain.
Melalui pelatihan petugas kesehatan diberikan materi sekaligus praktik tentang upaya PPI dasar, seperti cara cuci tangan yang benar dan mensterilkan alat-alat kesehatan. Namun demikian, selama ini pihaknya mengaku belum pernah menerima laporan atau aduan dari masyarakat terkait tertularnya infeksi penyakit dari pasien lain.(ram)

Berita Populer

Dua Pendonor Darah Kota Blitar Terima Pen..

by Administrator | 23 Feb 2021

Calon Jamaah Haji Dipastikan Mendapat Vak..

by Administrator | 23 Feb 2021

Stock Vaksin Melimpah, Layanan Vaksinasi ..

by Administrator | 04 Jul 2023

Penderita AIDS Meninggal Dunia Dipastikan..

by Administrator | 23 Feb 2021

Pengangkatan Belasan PTT Pegawai Puskesma..

by Administrator | 23 Feb 2021

Camat Sananwetan Terus Ingatkan Warganya ..

by Administrator | 18 Feb 2021