5,3% Balita di Kota Blitar Alami Stunting, Dinas Kesehatan Optimalkan Upaya Pencegahan

Administrator 03 Feb 2022 54x Share
img-berita

Blitar Kota - Penanganan kasus stunting di Kota Blitar menjadi salah satu fokus kerja Dinas Kesehatan. Berbagai upaya dilakukan, untuk mendukung upaya Pemerintah Pusat menurunkan angka stunting sebesar 14% pada tahun 2024.

Mohammad Agus Sabtoni, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kota Blitar dikonfirmasi by phone 28 Januari 2022 mengatakan sesuai data 2021, tercatat ada 416 balita mengalami stunting. Jika diprosentasekan, sebanyak 5,3 % dari seluruh balita di Kota Blitar mengalami stunting.

Agus mengaku telah melakukan beberapa upaya untuk menekan kasus stunting tersebut. Diantaranya rencana aksi konfergensi dengan melakukan analisa situasi, mendata kondisi balita serta melakukan Intervensi spesifik dengan mendata dan menggali data kondisi ibu saat hamil, intervensi sensitif dengan mendata kondisi lingkungan balita, mulai dari sanitasi, kualitas air, kondisi ekonomi serta ketahanan pangan Keluarga Balita.

“ Ada beberapa langkah yang kita lakukan, salah satunya Intervensi Spesifik dan Densitif,” terang Agus.

Agus menambahkan dalam penanganan kasus stunting ini, pihaknya juga memberdayakan keberadaan kader posyandu. Setiap minggu, dinas setempat rurin memberikan penyuluhan kesehatan via Whatsapp untuk 1160 kader posyandu. (Sur)

Sumber : blitarkota.go.id

Berita Populer

Dua Pendonor Darah Kota Blitar Terima Pen..

by Administrator | 23 Feb 2021

Calon Jamaah Haji Dipastikan Mendapat Vak..

by Administrator | 23 Feb 2021

Penderita AIDS Meninggal Dunia Dipastikan..

by Administrator | 23 Feb 2021

Stock Vaksin Melimpah, Layanan Vaksinasi ..

by Administrator | 04 Jul 2023

Pengangkatan Belasan PTT Pegawai Puskesma..

by Administrator | 23 Feb 2021

Camat Sananwetan Terus Ingatkan Warganya ..

by Administrator | 18 Feb 2021