x

Gelar Rapat Persiapan Uji Coba MBK, Disparbud Kota Blitar Mantapkan SOP Pariwisata.

Blitar Kota-Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Diaparbud) Kota Blitar mengundang perwakilan pedagang serta pelaku wisata kawasan Makam Bung Karno (MBK) untuk membahas dan menyelaraskan Standard Operasional Prosedur (SOP) rencana uji coba pembukaan MBK. Pertemuan berlangsung di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar, Kamis 16 September 2021.

Tri Iman Prasetyono-Kepala Disparbud Kota Blitar dikonfirmasi usai rapat menjelaskan rencana uji coba pembukaan MBK ini masih dalam tahap pengajuan proposal. Namun pihaknya sudah melakukan persiapan jika pengajuan tersebut disetujui pimpinan daerah. Tri Iman mengaku bersama seluruh pelaku wisata akan membentuk lima unit pengawasan. Diantarnya pengawasan unit PIPP, Becak Wisata, City Walk, Pedagang Asongan, dan Pintu Keluar MBK. Dengan adanya lima unit ini Tri Iman memastikan semua pelaku wisata ikut menjaga protokol kesehatan diarea MBK.

“Kita hari ini kumpul untuk bersama sama berkomitment untuk menyelaraskan SOP jika nanti sudah diizinkan uji coba pembbukaan Pariwisata. Komitment itu kita wujudkan dalam bentuk laporan, dan kita juga bentuk lima unit pengawas juga.”

Sementara itu, Sugianto-Perwakilan pelaku wisata MBK mengaku siap jika MBK kembali dibuka. Pihaknya juga siap untuk berpartisipasi menegakkan aturan prokes Covid-19. Sugianto berharap Pemkot Blitar dapat segera membuka MBK sehingga perekonomian di sektor wisata dapat bergerak.

“Kita harapkan yang mampir di MBK maupun di PIPP ini terlayani yaa, karena walaupun lewat beli atau tidaknya kan sudah ada disana. Kita berharapnnya bisa segera dibuka sehingga perdagangan bisa berjalan kembali.”

Diberitakan sebelumnya, pada aturan PPKM Level III daerah diperkenankan melakukan uji coba pembukaan pariwisata dengan protocol kesehatan yang ketat. Dalam Instruksi Mendagri juga disebutkan pengunjung yang diperbolehkan masuk di area wisata hanyalah pengguna aplikasi peduli lindungi dan sudah dua kali vaksin. (fik).

 

Share icon
Dibaca : 8 kali