» Halaman Statis


deteksi dini

Administrator | Jumat, 05 Agustus 2016 - 15:49:36 WIB | dibaca: 405 pembaca>

Deteksi atau skrining penyakit adalah usaha untuk mengidentifikasi penyakit atau kelainan secara klinis belum jelas dengan menggunakan test, pemeriksaan atau prosedur tertentu yang dapat digunakan secara cepat untuk membedakan orang-orang yang kelihatannya sehat tetapi sesunguhnya menderita suatu kelainan.

Skrining bertujuan untuk mengurangi morbiditas atau mortalitas dari penyakit dengan pengobatan dini terhadap kasus yang ditemukan. Program diagnosis dan pengobatan dini hampir selalu diarahkan kepada penyakit yang tidak menular seperti hipertensi, diabetes mellitus, glaucoma, dan lain-lain.

Penyakit Tidak Menular merupakan penyakit yang bukan disebabkan oleh proses infeksi (tidak infeksius) dan sangat sulit disembuhkan se"ara total apabila kondisi penyakit sudah sampai tahap akhir. Oleh karena itu upaya yang terbaik adalah dengan mencegah kejadian penyakit tidak menular melalui pengendalian faktor risikonya. Salah satunya dengan melakukan pemeriksaan.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka diadakan Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular (PTM) Mobile di Dinas Kesehatan Kota Blitar pada Tanggal 29 Oktober 2015. Sasaran kegiatan ini adalah para karyawan dan karyawati Dinas Kesehatan Kota Blitar sejumlah 50 orang. Kegiatan ini berupa pelayanan pemeriksaan secara gratis yaitu pemeriksaan tekanan darah, BMI, lemak visceral, kolesterol total darah, gula darah dll. Kegiatan ini juga menyediakan konsultasi untuk mentukan tindakan pencegahan mengatasi faktor risiko PTM yang ditemukan berdasarkan hasil pemeriksaan.

Berdasarkan hasil skrining didapatkan pemetaan faktor risiko sebagai berikut terdapat 4 orang dengan tekanan darah tinggi, 23 orang dengan body fat sangat tinggi, 12 orang dengan visceral fat tinggi, 9 orang dengan BMI terkategori berat badan berlebih, dan sebanyak 12 orang dengan kandungan kolesterol total dalam darah. Hasil deteksi dini ini dapat dijadikan sebagai peringatan bagi karyawan-karyawati Dinas Kesehatan Kota Blitar agar lebih menjaga gaya hidupnya, terutama pola makan dan kebiasaan berolahraga.