Informasi

Tanpa Harus Opname, Flu Singapura Bisa Sembuh Sendiri

Administrator | Rabu, 03 Agustus 2016 - 12:04:19 WIB | dibaca: 296 pembaca

BLITAR - Saat ini di kota Blitar tercatat sekitar 11 anak diwilayah Kecamatan Sukorejo menderita penyakit flu Singapura. Namun seluruhnya hanya rawat jalan karena kondisi anak bersangkutan bagus.
Dr. Ngesti Utomo Kepala Dinas Kesehatan kota Blitar pada Jumat (10/06), mengatakan bahwa orangtua tidak perlu panik jika mengetahui balitanya demam disertai bintil merah yang berisi air. Itu merupakan penyakit flu Singapura yang memang akhir-akhir ini menyerang anak-anak. Meskipun menular namun tidak mematikan. Bahkan jika daya tahan tubuh anak bagus dalam waktu sekitar seminggu akan sembuh sendiri.
Namun demikian Ngesti menyarankan bagi petugas kesehatan di Puskesmas agar menyarankan orang tua untuk merawat inap anak yang kondisi tubuhnya drop dan tidak mau makan. Kemungkinan akan muncul penyakit lain yang bisa memberatkan anak, seperti pusing dan muntah.
Lebih lanjut Ngesti menambahkan agar orangtua memberikan asupan gizi seimbang kepada para balitanya agar kondisi tubuhnya fit sehingga terhindar dari tertularnya penyakit itu. Mengingat penularan virus flu singapura memang sangat cepat yakni bisa melalui udar. (ram)