Kesehatan

Calon Jamaah Haji Akan Ikuti Pemeriksaan Dan Tes Kebugaran Tahap Ke Dua Setelah Lebaran

Administrator | Rabu, 03 Agustus 2016 - 12:10:49 WIB | dibaca: 426 pembaca

BLITAR - Dinas Kesehatan bersama Kementrian Agama kota Blitar berupaya agar para calon jamaah haji kota Blitar tetap sehat dan selalu menjaga kesehatannya. Diantaranya mengajak untuk mengikuti penyuluhan pembinaan pemeriksaan kesehatan dan tes kebugaran. Upaya kesehatan untuk calon jamaah haji yang akan berangkat tahun ini dilakukan secara bertahap. Ini dilakukan agar para calon jamaah haji tetap terjaga kesehatannya.  
Hal ini disampaikan Harni Setijorini, S.T Kepala Bidang Pencegahan Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan kota Blitar pada Sabtu (11/06), menurutnya sengaja mengajak para calon jamaah haji untuk mengikuti senam dan tes kebugaran serta memberi penyuluhan kesehatan agar kesehatannya benar-benar terjaga. Baik sebelum berangkat saat melakukan ibadah haji hingga pulang kembali ke rumah masing-masing. Diantara penyuluhan kesehatan yang diberikan bagaimana mengkondisikan kesehatan dan mempersiapkan diri sebelum berangkat menjaga kesehatan saat melaksanakan ibadah haji sampai pulang. Meski tim kesehatan selalu memantau terus perkembangannya serta melakukan tindakan terhadap mereka yang membutuhkan penanganan. 
Harni menyebutkan untuk penyuluhan dan pembinaan kesehatan telah dilakukan pada bulan Maret 2016 lalu. Dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan dan tes kebugaran tahap pertama pada bulan April lalu serta berlanjut dengan pemeriksaan kesehatan dan tes kebugaran tahap kedua yang akan dilaksanakan pada bulan Juli 2016 atau setelah lebaran Idul Fitri mendatang.(der)