Berita

Antisipasi Tertular Penyakit, Puluhan Modin Kecamatan Kepanjenkidul Ikuti Pelatihan Pemulasaran Jena

Administrator | Rabu, 03 Agustus 2016 - 12:55:47 WIB | dibaca: 325 pembaca

BLITAR - Sebanyak 75 modin se Kecamatan Kepanjenkidul baik perempuan maupun laki-laki selama satu hari diikutkan dalam pelatihan pemulasaran (memandikan) jenazah yang bertempat di UPTD Puskesmas setempat. 
Didik Djumianto, S.KM., M.Mkes kepala UPTD Puskesmas Kecamatan Kepanjenkidul dikonfirmasi pada Jumat (01/07), mengatakan bahwa melalui pelatihan itu para modin mendapatkan materi berupa teori dan praktik cara memandian jenazah secara sehat. Ketika memandikan jenazah idealnya menggunakan peralatan yang memadai agar terhindar dari tertular penyakit. Mengingat setiap modin tidak mengetahui riwayat kesehatan yang meninggal. Minimal dengan menggunakan sarung tangan dan celemek. Sehingga ketika ada cairan yang keluar dari tubuh jenazah tidak akan masuk dalam pori-pori tangan.
Lebih lanjut Didik berharap para modin juga membagikan informasi yang diperoleh kepada masyarakat. Karena seringkali proses memandikan jenazah langsung dilakukan oleh keluarga. Sementara modin hanya mengarahkan mulai dari proses memandikan, mengkafani dan men-sholatkan jenazah.(ram)