x
Dikirim oleh admindinkes pada 24 November 2021

Blitar Kota - Prestasi membanggakan kembali ditorehkan Kota Blitar. Kali di bidang kesehatan, Kota Blitar berhasil mempertahankan predikat sebagai Kota Sehat dari Kementerian Kesehatan RI. Penghargaan diterima secara virtual di Integrated System Center (ISC) Dinas Kominfo dan Statistik (Diakominfotik) Kota Blitar, Selasa (17/11/2021).

Wakil Wali Kota Blitar - Tjutjuk Sunario usai menerima penghargaan mengatakan prestasu ini berkat kerja sama semua pihak. Dari Dinas Kesehatan, OPD lain, Kecamatan, Kelurahan LPMK, hingga masyarakat. Menurut Tjutjuk penilaian Kota Sehat dilakukan setiap tahun, tahun genap oleh tim Provinsi sementara tahun ganjil penilaian dilakukan oleh tim nasional. Tahun ini, Kota Blitar berhasil menyabet penghargaan Swasti Saba Wistara untuk ketiga kalinya. Penghargaan ini menjadi kategori tertinggi yang mengidentifikasikan Kota Blitar bersih, nyaman, indah dan layak dihuni.

"Atas nama kota Blitar, saya bersyukur mengucapkan terimakasih atas penghargaan dari Kementerian Kesehatan Swasti Saba Wistara. Ini adalah penghargaan tertinggi, dan ini merupakan penghargaan untuk seluruh masyarakat Kota Blitar," jelas Tjutjuk Sunario.

Sementara Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Blitar - Dharma Setiawan menilai Kota Blitar berhasil meraih penghargaan ini setelah melalui berbagai tahapan penilaian. Diawali dengan pengiriman berkas sejak Mei lalu, kemudian validasi, hingga penilaian dari juri secara sembunyi-sembunyi atau silence verifiecation. Dharma mengaku capaian ini didapat hasil dari kerja sama semua pihak. Menurutnya masyarakat Kota Blitar sudah cukup tertib dalam menerapkan pola hidup bersih dan sehat, apalagi prokes ditengah pandemi Covid-19.

"Kota sehat ini dari perilaku menjaga agar setiap warga Kota Blitar aman, nyaman, dan senang tinggal di Kota Blitar yang cukup sehat. Terutama dalam aspek hidup bersih dan sehat," pungkas Dharma. (Fik).