x
Dikirim oleh admindinkes pada 21 November 2022

Kota Blitar - Pada Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58, Kota Blitar meraih dua penghargaan di bidang kesehatan dari Gubernur Jawa Timur. Penghargaan pertama yaitu, Kota Blitar masuk dalam 5 besar di Jawa Timur yang sudah menerapkan Universal Health Coverage (UHC) 100%. Sedangkan penghargaan ke dua, Kota Blitar sebagai daerah dengan capaian imunisasi BIAN minimal 95% pada perpanjangan 1.

Kepala Dinas Kesehatan, Dharma Setiawan mengatakan prestasi yang diraih Kota Blitar ini berkat kerja keras seluruh insan kesehatan, Camat, Lurah, RT-RW dan para kader posyandu. Sebab, Dinas Kesehatan Kota Blitar tidak bekerja sendiri dalam mensukseskan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) pada Agustus lalu.

Sedangkan predikat UHC yang diraih Kota Blitar, menurut Dharma menunjukkan komitmen Pemerintah Daerah dalam menghadirkan layanan kesehatan yang prima melalui BPJS Kesehatan. Apalagi Pemerintah Kota Blitar juga mengcover premi BPJS Kesehatan bagi masyarakat kurang mampu.

"Kita Optimis seluruh warga Kota Blitar sudah mendapatkan layanan kesehatan dengan menggunakan fasilitas BPJS Kesehatan," Ungkap Dharma.

Sementara itu, Wakil Walikota Blitar, Tjutjuk Sunario menyampaikan apresiasinya terhadap prestasi yang sudah diraih Kota Blitar. Prestasi tersebut merupakan keberhasilan bersama insan kesehatan, didukung dengan sosialisasi yang masif dilakukan Dinas Kesehatan. 

"Keberhasilan itu bukan keberhasilan orang per orang, tapi keberhasilan kita semua, yang ditunjang informasi yang bagus sehingga masyarakat saling mendukung," ungkap Tjutjuk.

Dua penghargaan tersebut diterima Kota Blitar dalam puncak peringatan (HKN) ke-58 Provinsi Jawa Timur di Banyuwangi, (15/11/2022). (Sur)

Sumber : blitarkota.go.id