x
Dikirim oleh admindinkes pada 23 November 2022

      Pada hari Selasa, 22 November 2022 Dinas Kesehatan telah melaksanakan kegiatan Gertak Gugah Penguatan Kampung Bebas Jentik Kota Blitar dalam rangka melakukan  gerakan serentak penanggulangan dan pencegahan DBD melalui PSN 3M Plus diharapkan dapat menurunkan kasus DBD, yang diharapkan dengan gerakan 1 rumah 1 pemantau jentik disetiap rumah, maka semua anggota keluarga dapat membasmi jentik, sebagai bentuk  penguatan upaya promotive dan preventive.

     Adapun salah satu kegiatan yang mendukung Program Pencegahan dan Penanggulangan DBD di Kota Blitar adalah pembentukan dan pembinaan kampung bebas jentik lokus RW setiap tahun dengan Gerakan 1 Rumah 1 Jumantik. Kampung Bebas Jentik yang telah terbentuk dapat menjadi percontohan serta dapat memotivasi masyarakat untuk terbentuknya kampung bebas jentik yang lain. 

            Komitmen bersama masyarakat Kampung Bebas Jentik yang telah terbentuk tersebut merupakan Implementasi dari G1R1J yang mengedepankan peran anggota keluarga untuk tidak hanya memantau jentik, namun juga memberantas jentik dengan melakukan PSN 3M Plus secara rutin, terus menerus dan bersinambungan guna memutus mata rantai perkembangan jentik nyamuk menjadi nyamuk dewasa.