x
Dikirim oleh admindinkes pada 28 April 2021

Blitar Kota - Dinas Kesehatan Kota Blitar terus menerima droping vaksin Covid-19 secara bertahap dari Pemerintah Porvinsi (Pemprov) Jawa Timur. Senin, 26 April 2021, ada sekitar 29 vial vaksin Covid-19 jenis AstraZeneca tiba di Kota Blitar. Hal ini dibenarkan Didik Jumianto - Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Dinas Kesehatan Kota Blitar, saat dikonfirmasi Selasa (27/04/2021).

Didik mengatakan penerimaan vaksin Covid-19 jenis AstraZeneca ini yang kedua kalinya di Kota Blitar. Untuk yang pertama disalurkan melalui klinik DKT sebanyak 63 vial atau setara dengan 630 dosis vaksin. Sedangkan untuk distribusi kedua diterima Dinas Kesehatan sebanyak 29 vial atau 290 dosis vaksin. Artinya ada sekitar 9.920 warga Kota Blitar yang menerima vaksin Covid-19 jenis AstraZeneca.

Didik menegaskan vaksin AstraZeneca ini hanya digunakan untuk penyuntikan dosis pertama vaksin Covid-19. Mengingat vaksin AstraZeneca memiliki masa interval yang cukup lama untuk dosis ke dua, yaitu selama 3 bulan. Jika pemanfaatannya untuk dua kali penyuntikan, dikhawatirkan lewat masa expired.

“Sekarang penyuntikan vaksin AstraZeneca sudah berjalan, kalau yang distribusi pertama, sudah dimulai sejak 2 pekan lalu” kata Didik.

Didik menambahkan saat ini ketersediaan vaksin Covid-19 di Kota Blitar kosong. Untuk vaskin jenis Sinovac sudah diberikan ke sasaran vaksinasi tahap dua diantaranya lansia, tenaga pemerintahan, TNI-Polri, ASN dan lainnya. (Kir)

Sumber : blitarkota.go.id